Pemkab Indramayu Ikuti Rakor Forkomsam

DISKOMINFO INDRAMAYU — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu mengikuti Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Staff Ahli Menteri (Forkomsam) yang digelar oleh Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI.

Dengan tajuk sinkronisasi peran kementerian dan lembaga dalam mengimplementasikan agenda pembangunan bidang politik, hukum, pertahanan dan keamanan (Polhukhankam) dan transformasi pelayanan publik guna terjaganya stabilitas ketahanan nasional. Kegiatan rakor berlangsung secara daring diikuti oleh perwakilan Forkopimda seluruh Indonesia.

Bertempat di Indramayu Command Center (ICC), Rabu (14/12/2022), rapat koordinasi dihadiri Bupati Indramayu Nina Agustina yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sugeng Heryanto serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan pada Setda Indramayu Suwenda.

Dalam sambutannya, Menkopolhukam RI Mohammad Mahfud MD menyampaikan, arah pembangunan bidang polhukhankam Indonesia mencakup 5 hal yakni terwujudnya konsolidasi demokrasi, supremasi hukum dan penegakan HAM, birokrasi bersih dan terpercaya, rasa aman dan damai bagi seluruh rakyat serta keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Diungkapkan Mahfud, hal tersebut sebagai upaya untuk menanggulangi isu yang saat ini berkembang seperti oknum penegak hukum yang melakukan tindak pidana, kompleksitas pelayanan birokrasi, upaya peningkatan kualitas demokrasi, serta terkait pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024.

“Isu yang saat ini berkembang perlu kita upayakan bagaimana untuk penyelesaiannya, apalagi sebentar lagi menghadapi pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024,” ungkapnya.

Sehingga disimpulkan Mahfud, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional bidang polhukhankam dan transformasi pelayanan publik yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, diperlukan konsepsi ketahanan nasional di bidang polhukhankam dari tingkat pusat hingga ke daerah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Tenaga Profesional Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Dadan Umar Daihani, strategi untuk meraih masa depan salah satunya adalah melalui penguatan ketahanan nasional.

“Penguatan ketahanan nasional menjadi penting sebagai landasan konsepsional pembangunan nasional melalui pembangunan manusia sebagai modal pembangunan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, akhir 2022 ini kondisi ketahanan nasional Indonesia berada pada angka 2.81 yang termasuk dalam kategori cukup tangguh yang artinya berbagai dinamika dapat diatasi dengan baik.

“Indeks ketahanan nasional harus terus ditingkatkan dari tahun ke tahun,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Bahtiar dalam paparannya mengatakan, forkopimda memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun pola hubungan yang harmonis antar unsur pimpinan di daerah guna mendukung pelaksanaan program kebijakan prioritas pemerintah, pembangunan nasional menjamin iklim investasi yang kondusif, memelihara stabilitas politik dan keamanan di daerah serta sinergitas hubungan pusat dengan daerah.

Sehingga diharapkan Bahtiar, melalui koordinasi, fasilitasi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan umum melalui kegiatan pengambilan kebijakan dalam keadaan mendesak, pengambilan keputusan strategis guna menjaga stabilitas daerah dan penanganan masalah dalam penyelenggaraan pemerintah, serta melakukan deteksi, pencegahan dan penanganan dini, forkopimda dapat mendukung pemerintah dalam menangani isu yang terjadi di daerah.

“Forkopimda diharapkan dapat senantiasa terus bersinergi guna mendukung pemerintah dalam menangani isu yang terjadi di daerah,” harapnya.

Di samping itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik pada Setda Indramayu Sugeng Heryanto mengatakan, pihaknya akan terus membangun sinergitas antar komponen forkopimda Kabupaten Indramayu sehingga dapat mendukung berbagai program pemerintah pusat serta guna mewujudkan Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (BERMARTABAT),

“Kami akan terus bersinergi dengan komponen forkopimda lainnya,” ungkapnya. (Fikri/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Bupati Indramayu Nina Agustina Serahkan Kadeudeuh Sebesar 2,2 M Bagi Purna Tugas ASN
Diskominfo Indramayu Gelar Upacara Peringatan Hardiknas sebagai Upaya Lanjutkan Gerakan Merdeka Belajar
Bupati Indramayu Serahkan Bantuan kepada Penerima Manfaat di Kontes Dan Expo Domba 2024
Expo dan Kontes Domba Indramayu, Wujudkan Bibit Berkualitas dan Peternak Sejahtera Menuju Indramayu Bermartabat
Jumpa Pisah Dandim 0616 Indramayu, Nina Agustina : Ketahanan Pangan dan Kondusifitas Daerah Terus Ditingkatkan
Bupati Nina Agustina Gerak Cepat Pulangkan Orang Telantar dari Kaltara
Silaturahmi Dengan Masyarakat Indramayu Barat, Bupati Nina Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur
Gunakan Benih Padi Unggul, Indramayu Gelar Panen Raya Padi
Masyarakat Indramayu Bangga Prestasi Timnas Indonesia Tampil di AFC Cup
Groundbreaking Pabrik Sepatu, Kabupaten Indramayu Ramah Investasi dan Menyenangkan
Pembangunan Pabrik Sepatu Seluas 29 Hektare Dimulai, Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja
Pelatihan 1000 Petani Muda Angkatan Ke-2, Ikhtiar Bupati Nina Agustina Ciptakan Petani Tangguh
Peringatan May Day, Nina Agustina : Momen Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja
Penuh Humanis, Satpol PP-Damkar Intensif Lakukan Pembinaan PKL
Langkah Konkret Bupati Nina Agustina Kurangi Pengangguran, BLK Indramayu Gelar Pelatihan Mengemudi Hingga Las Listrik
Bupati Nina Agustina Gercep Tangani Saluran Irigasi Dangkal, 147 Desa Telah Menggunakan Excavator Gratis
Para Istri Camat Siap Wujudkan Visi Indramayu Bermartabat
Bupati Nina: "Kerja Sama Perempuan Hebat, Jadikan Indramayu Bermartabat"
Bupati Nina Agustina Apresiasi Perempuan Tangguh Indramayu
Ribuan ASN dan Masyarakat Senam Pagi Bersama Bupati Nina Agustina
Scroll to Top